Home / Uncategorized / Mengenal lebih dekat dengan suku Togutil di Pulau Halmahera

 

 

 

suku-togutil_1Suku Togutil adalah komunitas kecil yang mendiami belantara hutan Halmahera, mereka menammakan diri mereka sebagai “Suku Tobelo”. Mereka hidup secara nomaden di kawasan hutan sekitar Desa Totodoku, Desa Akelamo, Desa Jara-jara, Desa Waijop, Desa Tukur-tukur, Buli, dan Kawasan Nasional Aketajawe-Lolobata, Kabupaten Halmahera Timur.

Suku Togutil hidup pada daerah aliran sungai di pedalaman hutan, jauh dari pemukiman penduduk. Namun hingga ini, ada beberapa dari suku ini yang sudah mengenal sedikit peradaban modern dan hidup di kawasan pesisir pantai. Asal muasal suku Togutil hingga saat ini tidak diketahui secara pasti. konon kabarnya suku Togutil memiliki campuran darah antara bangsa Portugis dan penduduk asli Halmahera.

Suku Togutil sebagian berperawakan tinggi dan besar dengan warna kulit putih dan menggunakan bahasa Tobelo sebagai alat komunikasi sehari-hari.

Suku Togutil tidak mengenal peradaban modern, Penutup tubuh mereka masih menggunakan baju kulit kayu dari pohon mlinjo dan bertelanjang dada. Ciri khas suku Togutil adalah para pria mengikat rambut mereka bagian depan dengan perca kain berwarna merah. Dalam keseharian,  mereka biasanya membawa parang, tombak dan panah untuk berburu babi, rusa dan mencari ikan di sungai. Makanan pokok mereka adalah sagu dan singkong hutan. Bagi suku Togutil hutan adalah rumah mereka.