Home / Berita Foto / Kegiatan Bimtek Pengembangan Sadar Wisata dan Sapta Pesona

bimtek-pariwisata20Kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Sadar Wisata dan Sapta Pesona diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Maluku Utara yang dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2016 di Hotel Veliya untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya sinergi peran SKPD Kepariwisataan Kabupaten/Kota dalam pengembangan destinasi pariwisata untuk memantapkan Sapta Pesona: aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah-tamah dan kenangan di destinasi pariwisata. Workshop ini diharapkan mampu merumuskan bagaimana membangun sistem pengembangan Sadar Wisata dan Sapta Pesona di destinasi pariwisata secara terpadu. Dimana masing-masing SKPD Kepariwisataan 10 Kabupaten/Kota memberikan kontribusi nyata dalam membangun Sadar Wisata dan Sapta Pesona di destinasi Kabupaten/Kota.

Pendekatan dalam pengembangan Sadar Wisata dan Sapta Pesona yang dapat terapkan di lapangan merupakan pendekatan utama dalam bahasan bimtek ini. Dengan melibatkan peserta untuk memberikan masukan sehingga kegiatan ini menjadi milik bersama. Dengan demikian diharapkan peserta dapat menginisiasi pengimplementasian nilai-nilai Sapta Pesona di destinasi pariwisata.

Peserta Bimbingan Teknis Pengembangan Sadar Wisata dan Sapta Pesona berjumlah 60 orang/kelas dengan melibatkan unsur SKPD Kepariwisataan dan Bappeda tingkat Kabupaten/Kota dengan narasumber yang memberikan materi dan menjadi fasilitator bimtek terdiri dari 3 (tiga) orang dari Kementerian Pariwisata/SKPD Kepariwisataan Provinsi yang telah mengikuti TOT (Training of Trainer) dari Kementerian Pariwisata dan Pemerhati Pariwisata.

Sebagai keluaran dari kegiatan ini diharapkan terbangunnya pemahaman sinergitas dan kesinambungan program berkelanjutan Kepariwisataan ditingkat Kabupaten/Kota untuk pengembangan sistem Sadar Wisata dan Sapta Pesona di destinasi pariwisata yang tertuang dalam catatan akhir pembahasan untuk ditindaklanjuti dalam pelaksanaan implementasi program Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota.